-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Iklan

Kebaya Bukan Abaya Dan Asli Nusantara !!!!

Kamis, 15 September 2022 | 00.49 WIB | 0 Views Last Updated 2022-09-14T17:53:50Z
Depok (depoKini) - Awal mula kebaya diyakini berasal dari  Kerajaan Majapahit, yang berkuasa hingga tahun 1389, dan dianggap sebagai pakaian yang hanya khusus, untuk dikenakan oleh keluarga Kerajaan, Bangsawan, dan Priyayi.

Di masa penjajahan, perempuan Belanda yang tinggal di tanah air pun kerap mengenakan kebaya dalam agenda resmi. Mereka menjadikan pakaian ini sebagai identitas kasta, mengikuti para perempuan kraton yang di masa itu memiliki derajat sosial lebih tinggi dibanding masyarakat biasa.

Ada 2 jenis KEBAYA yaitu KUTUBARU dan ENCIM. 
• Kutubaru berasal dari Jawa Tengah, adalah model kebaya yang mengaitkan lipatan di bagian dada kiri dan kanan, adapula yang menggunakan bef atau kain penutup di bagian dada. Kebaya inilah yang disebut-sebut sebagai pakaian asli Indonesia.
Kebaya Kutubaru
• Sedangkan Encim adalah model kebaya yang diyakini berasal dari budaya pakaian Tionghoa. Model kebaya ini tanpa bef, biasanya dilengkapi renda atau bordir di bagian ujung badan dan lengan. Encim yang sering disebut dengan "kebaya nyonya", ditetapkan sebagai pakaian tradisional di Malaysia dan Singapura. 
Kebaya Encim
Di tahun 1940-an Presiden Soekarno telah menetapkan KEBAYA sebagai pakaian nasional !!!!
(FM)

Foto: Dari berbagai sumber

Iklan

×
Berita Terbaru Update