-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Iklan

ALIFURU Merdeka Dalam Keyakinan

Rabu, 28 September 2022 | 12.58 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-12T10:13:19Z

Depok (depoKini) - Ada beragam agama asli yang hingga saat ini masih dianut oleh sebagian masyarakat adat di Indonesia, Agama asli tersebut, ada juga yang menyebutnya sebagai agama lokal atau agama adat, Salah satunya adalah Agama Suku Nuaulu atau Noaulu (baca: Naulu), yang berasal dari Alifuru, yakni manusia pertama yang mula-mula mendiami Pulau Seram.

Nuaulu berasal dari dua kata, Nua dan Ulu. Nua adalah nama cabang sungai dari sungai Ruata yang mengalir di Pulau Seram Bagian Barat, sementara Ulu, berarti hulu. Karena ada suku yang hidup di hulu sungai tersebut, masyarakat kemudian menyebut komunitas tersebut sebagai Nua Ulu, yakni orang yang hidup di hulu sungai Nua.

Orang Nuaulu percaya, ada kekuatan supranatural yang menguasai mereka di luar alam. Kekuatan itu disebut dengan beberapa nama Upuku Nahatana, Upu Anahatana, Upu Kuanahatan, Upu Ama, Upu Lanite. Meski terdapat perbedaan penyebutan, yang mereka maksud dengan sebutan itu adalah Tuhan Yang Maha Kuasa dan merupakan sumber kehidupan tertinggi karena Ia pencipta manusia, tumbuhan, hewan, dan tanah.

Ada satu Tradisi yang membuat bergidik di suku Nuaulu, yaitu Persembahan kepala saat mengadakan ritual Pataheri, ritual ini dilakukan sebagai perayaan atas dewasanya seorang anak laki-laki. Dan biasanya juga dijadikan sebagai mas kawin. Hanya saja tradisi penggal kepala telah dihapus dan tidak terdengar lagi adanya korban yang menjadi persembahan.(FM)

Foto: Istimewa

Iklan

×
Berita Terbaru Update