-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Iklan

Si Penjajah Ikan Asli Indonesia !!!!

Minggu, 19 Juni 2022 | 11.43 WIB | 0 Views Last Updated 2022-06-20T00:25:33Z

Depok (depoKini) - Ikan mujair sangat populer di Indonesia, untuk dikonsumsi. Namun, mujair bukanlah ikan asli Indonesia, melainkan hasil introduksi.

Ikan dengan nama ilmiah Oreochromis mossambicus ini persebaran alaminya adalah Afrika, meliputi dataran rendah Zambezi, Shire hingga dataran pesisir Delta Zambezi dan beberapa wilayah Afrika lainnya. Mujair berkerabat dekat dengan ikan nila [Oreochromis niloticus], jenis yang begitu digemari di Indonesia

Ikan mujair Oreochromis mossambicus, merupakan ikan introduksi dan invasif yang mengancam ikan-ikan endemik air tawar di Indonesia.

Ikan mujair dapat dijumpai hampir di seluruh perairan tawar sampai muara-muara sungai dan menyukai substrat lumpur, dengan banyak tumbuhan air pada kisaran suhu 21-37 derajat Celcius.

Kehadiran mujair telah membuat ikan asli menyusut bahkan sulit ditemui lagi, misalkan ikan endemik gabus hitam di Danau Sentani dan ikan moncong bebek di Danau Poso, Sulawesi Tengah.

Ada dua masalah dengan hadirnya ikan asing invasif, yaitu:
- Pertama, bisa menjadi pemangsa ikan asli dan ikan endemik. 
- Kedua, sebagai inang pembawa berbagai penyakit yang sebelumnya tidak terdapat dalam ekosistem perairan, habitat ikan asli bahkan ikan endemik.(FM)

Foto: Istimewa


Iklan

×
Berita Terbaru Update