Home » » Tips Konsumsi Makan dan Minum Sehat di Bulan Ramadhan

Tips Konsumsi Makan dan Minum Sehat di Bulan Ramadhan

Depok, (Depokini) - Dalam beberapa hari kedepan, ummat muslim akan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1440 H. Bulan yang penuh barokah.

Di bulan Ramadhan, ummat muslim yang beriman akan menunaikan ibadah shaum ramadhan, berpuasa dari makan dan minum, menahan diri untuk tidak mengumbar nafsu duniawi.

Terkait dengan shaum atau puasa, 
Dr. Adib Rizvi, spesialis Ginjal menyarankan agar ummat muslim untuk menahan diri dari minum soft drink, terutama yg dingin dalam bulan Ramadan, karena setelah berpuasa sepanjang hari, ginjal akan kekeringan, dan akan berhenti jika saat berbuka meminum air dingin. Semua jenis minuman soft drink seperti 100plus, Coke (coca colla, Pepsi, Fanta, Miranda, 7up,  Sprite dan lain lain, hendaklah dijauhi sepenuhnya, akan lebih baik saat berbuka minum jus buah-buahan segar tanpa es, paparnya.

Sementara, dr. Edy Rizal Wahyudi, SpPD, KGer, FINASIM dari Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, memberikan tips lancar jalani puasa secara umum untuk seorang berusia lanjut dan juga semua kalangan.

Dibawah ini tips dari dr. Edy Rizal Wahyudi :

● Saat sahur usahakan untuk membatasi asupan teh dan kopi. Pasalnya, dua asupan tsb membuat metabolisme berjalan cepat. Sehingga cepat mendatangkan rasa haus meski tak terdehidrasi.

● Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang lambat dicerna dan memiliki serat yang tinggi. Contohnya gandum, padi-padian, kacang-kacangan, biji-bijian, nasi merah.

● Saat berbuka puasa dianjurkan untuk mengonsumsi kurma karena mengandung gula serat, karbohidrat, kalium dan magnesium. Dengan kurma, kebutuhan nutrisi tubuh yang hilang selama puasa perlahan dipenuhi.

● Mengonsumsi pisang saat berbuka sangat baik bagi tubuh Anda, sebab pisang merupakan sumber kalium, magnesium dan karbohidrat.

● Batasi makanan yang digoreng saat berbuka, karena dapat meningkatkan sel-sel lemak dalam tubuh. Hal ini karena seorang yang sudah di usia lanjut cenderung memiliki keluhan penyakit yang disebabkan lemak, seperti penyakit jantung, cc koroner dan hipertensi.

● Batasi makanan yang lebih cepat dicerna, seperti gula. Hal ini bisa cepat mendatangkan rasa haus disaat anda tengah menjalani puasa nantinya.

● Konsumsi air atau jus buah antara berbuka puasa dan sebelum tidur. Hal ini bertujuan untuk menyediakan kebutuhan cairan dalam tubuh untuk anda lancar beraktivitas esok harinya.

● Hindari terlalu banyak makanan es, karena memudahkan Anda kenyang. Dimana asupan makanan gizi yang lengkap akan menurun karena tak bisa masuk dalam tubuh.

Selamat menjalankan ibadah shaum dan ibadah lainnya di bulan Ramadhan. Semoga diberi kelancaran, kesehatan dan khusyu' serta ikhlas menjalaninya...

MARHABAN YAA RAMADHAN

Pimpinan Redaksi dan segenap Keluarga Besar Depokini, mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa, Mohon Maaf Lahir dan Batin.
(MasGatot)

Dikutif dari berbagai sumber.

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Depok Kini - Depok Terkini

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Depok Terkini

Populer