Home » » Jelang Ramadhan, Harga Bahan Pokok di Depok Mulai Naik

Jelang Ramadhan, Harga Bahan Pokok di Depok Mulai Naik

Pasar Rakyat Cisalak, Kota Depok
Depok, (Depokini) - dalam dua pekan kedepan, umat Islam akan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Jelang datangnya bulan suci ramadhan ternyata  harga bahan pokok di Depok, Jawa Barat, mulai merangkak naik.

Sejumlah pedagang maupun pembeli mengeluhkan hal tersebut. Salah satu pedagang Pasar Cisalak, Mansur (33) mengatakan, harga bahan pokok setelah Pemilu dan menjelang Ramadhan mengalami kenaikan. 

Awalnya, harga cabai keriting Rp 16.000 per kilogram, kini naik menjadi Rp 20.000/kg, begitu juga dengan harga bawang merah dari Rp 28.000 /kg, naik menjadi Rp 35.000 per kilogram.

Lalu, harga bawang putih pun ikut merangkak naik menjadi Rp. 55 ribu perkilo dari semula Rp. 45 ribu. 

Selain bawang putih, harga Mentimun pun yang sebelumnya Rp 7.000 perkilogram, naik menjadi Rp 12.000 per kilogram. Harga kentang pun tak mau ketinggaln, ikut naik Rp.2000/kg, dari semula Rp.12 ribu/kg.

Mansur mengatakan, kenaikan harga bahan pokok sudah terjadi sejak sepekan sebelum Pemilu 2019.

Mansyur pedagang di pasar cisalak
"Iya yang biasa pelanggan beli sekilo sekarang mah beli cuma setengah kilo. Nah yang biasa beli setengah berkurang lagi jadi seperempat kilogram," ujar Mansur di Pasar Cisalak, Depok, Jawa Barat, pada Rabu (24/4/2019).

Sementara itu, Siti (40) pedagang ayam, mengatakan, harga ayam potong pun sudah mulai melonjak naik. Biasanya Rp 20.000 per kilogram, saat ini naik menjadi Rp 28.000 per kilogram.

Siti mengatakan, dirinya menyiasati naiknya harga tersebut dengan mengurangi keuntungan penjualannya. Hal ini dilakukannya agar para pelanggan tidak lari ke yang lain. d

"Ya kalau harganya naik begini, untung saya, yang saya kurangi, biasanya untung Rp 20.000, jadi Rp 10.000 begitulah, supaya pelanggan ga lari, dan masih mau beli di saya," terangnya.

Mulai merangkaknya harga beberapa bahan pokok, tak ayal dikeluhkan oleh masyarakat. 
Seperti yang dikeluhkan oleh Dian, mestinya Pemerintah cepat bergerak untuk menstabilkan harga bahan pokok, ujarnya.

Dian juga mengatakan, "setiap tahun kan bulan ramadhan ada, masa ga paham juga, seperti ini terus setiap tahun, bergeraknya kalau harga sudah naik, mestinyakan di antisipasi sebelumnya," keluh Dian dengan nada kecewa.

Selain itu, dirinya juga berharap agar ketersediaan bahan pokok dijamin, agar tidak menjadi membumbungnya harga.
"selain menstabilkan harga, pemerintah juga harus menjamin ketersedian bahan pokok di pasaran, jangan sampai berkurang, bisa lebih melonjak harganya, terus rakyat gimana dong," pungkas Dian berharap.
(MasGatot)

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Depok Kini - Depok Terkini

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Depok Terkini