Selasa, 11 Desember 2018

Kecamatan Beji laksanakan Sosialisasi Depok Memilah Sampah Kecamatan Beji tahun 2018

Camat dan Lurah Beji dalam kegiatan Sosialisasi Depok Milah Sampah, KecamatanBeji tahun 2018
Beji, (Depokini) - Bertempat di Aula Kantor Kelurahan Beji, digelar acara Sosialisasi Depok Memilah Sampah Kecamatan Beji tahun 2018, pada selasa, (11/12/2018).

Lurah Beji, Waryono, mengatakan dalam sambutannya bahwa masalah sampah adalah menjadi kepentingan kita bersama, untuk itu kegiatan sosialisasi ini menjadi penting agar menjadi lebih memahami tentang pentingnya pemilahan sampah.

Sementara Camat Beji, Drs. H. Ues Suryadi dalam sambutannya menyampaikan bahwa Depok punya program terkait kebersihan lingkungan dari sampah, yakni zero wishcity.

Camat juga menyampaikan, "jadikanlah sampah sebagai sahabat, makanya menjadi penting bagi kita semua untuk memulai melakukan pemilahan sampah, antara sampah organik dan sampah non organik" imbuhnya. 

Dirinya juga mengajak kepada peserta Sosialisasi Depok Memilah Sampah Kecamatan Beji tahun 2018 yang terdiri dari para ketua RW dan RT serta tokoh masyarakat se Kelurahan Beji, untuk memulai di lingkungan rumah masing masing dan juga ajak tetangga untuk juga memilah sampah, agar lingkungan hidup menjadi bersih dan nyaman, ujar Camat.

Peserta dan pembicara Sosialisasi Depok Milah Sampah Kecamatan Beji tahun 2018 berpose bersama, usai kegiatan.
Camat Beji dalam kesempatan tersebut juga membuka kegiatan Sosialisasi Depok Memilah Sampah, Kecamatan Beji tahun 2018.

Materi sosialisasi disampaikan oleh Maman Suparman dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan  (DLHK), dirinya mengatakan bahwa pelaksanaan program Sosialisasi Pemilahan Sampah ini , di dasari oleh Perda No.5/2014 tentang Pemilahan Sampah.

Dirinya juga memaparkan tentang hal yang bersentuhan langsung dengan pemeliharaan lingkungan hidup, antara lain adanya Peranan Manusia terhadap alam dan lingkungan hidup. Selain itu ia juga menyampaikan tiga unsur yang turut merusak Lingkungan Hidup, yakni  Lingkungan Alam didalamnya ada aktifitas penggundulan hutan yang berakibat terjadinya banjir dan tanah longsor, Lingkungan Buatan yang di dalamnya adalah pembangunan kawasan industri, hilangnya kawasan serapan air yang berubah menjadi perumahan atau pusat perdagangan modern,  dan unsur yang ketiga adalah Lingkungan Sosial didalamnya termasuk kurangnya pemahaman masyarakat tentang pentingnya pemilahan sampah dan pemeliharaan lingkungan, papar Maman.

Ketua RW.10 Depok Utara, Kelurahan Beji, Jean Erick Sitanggang saat menyampaikan pertanyaan
Sementara dalam sesi tanya jawab, salah seorang peserta sosialisasi pemilahan sampah, yakni Ketua RW.10 Depok Utara, Kelurahan Beji, Jean Erick Sitanggang mempertanyakan komitmen dan janji dari DLHK terkait penyediaan tong atau ember penampung sampah yang sudah di pilah. Jawaban atas pertanyaan tersebut dijawab dengan pertanyaan, berapa warga yang sudah siap untuk melakukan pemilahan sampah, hal ini terkait dengan penyediaan jumlah tong atau ember penampungan sampah yang sudah di pilah di lingkungan setempat.

Jalannya sosialisasi berlangsung dengan suasana keakraban dan kekeluargaan.

Yuk, mulai kita pilah sampah demi terciptanya lingkungan yang bersih dan nyaman.
(MasGatot)