Rabu, 05 Desember 2018

DPAPMK bakal luncurkan Website khusus untuk dukung Depok raih KLA

Ilustrasi DPAPMK
Depok, (Depokini) - Upaya mempercepat raihan predikat Kota Layak Anak (KLA) di Kota Depok, nampaknya mendapat dukungan khusus dari DPAPMK, pasalnya DPAPMK bakal membuat website khusus. Melalui website khusus KLA yang segera diresmikan kehadirannya tersebut,  Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok akan menginformasikan berbagai kegiatan atau indikator KLA yang telah direalisasikan Pemkot Depok.

Kepala Bidang Tumbuh Kembang dan Pengembangan KLA DPAPMK Kota Depok, Yulia Oktavia mengatakan, website ini dinamakan juga dengan sistem aplikasi perlindungan anak. Website informasi KLA seperti ini baru yang pertama untuk tingkat kabupaten/kota se-Indonesia.

“Yang sudah ada website seperti ini di tingkat pusat, namun informasinya baru hanya sampai tingkat kota. Di website KLA Depok dibuat sampai tingkatan RW,” ujar Yulia, Selasa (04/12/2018).

Ditambahkannya isi website KLA Depok yang bisa diakses melalui www.kla.depok.go.id akan memuat indikator KLA mulai dari level KLA, Kecamatan Layak Anak, Kelurahan Layak Anak, hingga RW Ramah Anak. Dengan dibuat sedemikian rupa untuk di tiap wilayah, serta disesuaikan dengan apa yang sudah dilakukan oleh wilayah tersebut.

“Indikator ini harus diisi oleh seluruh gugus tugas maupun Pokja RW Ramah Anak, yang isinya terkait dengan pemenuhan hak anak,” katanya.

Dirinya berharap dengan kehadiran website KLA dapat memacu dan memotivasi Gugus Tugas KLA maupun Pokja RW Ramah Anak untuk terus berinovasi dalam memberikan perlindungan pada anak. Hal ini dibutuhkan guna merangkul anak untuk menghindarinya dari kekerasan.

“Kalau selama ini ada kasus kekerasan dilakukan secara kuratif, diharapkan dengan adanya website bisa menjadi salah satu upaya pencegahan. Jadi mulai dari klaster satu sampai 4 akan disajikan di dalamnya,” pungkasnya bersemangat.
(masGatot)