Senin, 27 Agustus 2018

Pemkot Depok luncurkan Aplikasi Depok Single Window, Mudahkan Warga Akses berbagai layanan

Ilustrasi program DSW (istw) 
Depok, (Depokini) - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok meluncurkan aplikasi Depok Single Window (DSW) bagi masyarakat Depok.

Aplikasi ini memungkinkan warga untuk bisa mengurus pelayanan di berbagai bidang, seperti pajak, laporan kegawat-daruratan, daftar berobat secara online di rumah sakit umum daerah (RSUD) dan puskesmas di Depok, dan lainnya.

“Aplikasi ini dilengkapi dengan layanan-layanan seperti cek kesehatan, info pendidikan, lihat cuaca, lalu lintas di Depok seperti apa, tagihan PLN juga bisa diakses di sini. Aplikasi ini bekerja sama dengan Pemerintah Kota Depok, PLN, dan kepolisian,” papar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Depok, Sidik Mulyono, pada awak media, Jumat (24/8/2018).

Sidik menyatakan, dengan aplikasi ini, warga tak perlu mengantre lagi untuk daftar berobat di RSUD atau puskesmas di Depok.

“Aplikasi ini, memang sangat mempermudah masyarakat. Contohnya saja, kita lagi sakit. Nah, mau daftar untuk check up, nanti tinggal diakses saja melalui aplikasi ini tanpa mengantre,” katanya

Dalam waktu dekat, lanju dia, pelayanan pendaftaran RSUD dan puskesmas di wilayahnya bisa dilakukan secara online melalui aplikasi tersebut. Aplikasi DSW juga dapat melayani warga yang ingin berobat di poli gigi, poli umum, poli gizi, dan poli keluarga berencana (KB).

“Kita sudah koordinasikan dengan pihak RSUD di Depok, agar pendaftaran pelayanan RSUD dapat ditampilkan di DSW,” ujar Sidik Mulyono.

“Di dalam aplikasi ini tersedia layanan kesehatan yang dapat digunakan masyarakat untuk mendaftar jika ingin berobat ke puskesmas,” ucap Sidik.

Dirinya juga mengatakan, sudah ada empat puskesmas yang terintegrasi secara online melalui DSW, yakni Puskesmas Cinere, Puskesmas Pondok Sukmajaya, Puskesmas Bojongsari, dan Puskesmas Depok Jaya.

“ke depan, Kita akan tambahkan lagi puskesmas untuk bekerja sama di aplikasi DSW ini, sehingga nantinya semua puskesmas di Depok semua akan terintegrasi,” imbuh Sidik.

Kadis Kominfo Kota Depok ini juga mengatakan bahwa cara mengakses aplikasi ini sangatlah mudah. Masyarakat Depok hanya perlu mengunduh aplikasi DSW ini melalui Play Store, lalu melakukan pendaftaran sesuai dengan arahan pada aplikasi tersebut.

Sidik berharap, dengan adanya aplikasi DSW, masyarakat Depok dapat memanfaatkan layanan yang tersedia dengan mudah, pungkasnya. 
(MasGatot)