Rabu, 22 Agustus 2018

Gema Insani hadir Menyebarkan Inspirasi akhlak islami

Sebagian buku di toko buku Gema Insani
Depok, (Depokini) - Lebih dari 30 tahun Gema Insani telah hadir di tengah masyarakat bangsa Indonesia, Gema Insani hadir bukan sekedar profit oriented, tetapi ada sejumput harapan yakni merawat akhlak islami umat Islam tanah air dengan menerbitkan karya karya berkualitas agar wawasan dan kualitas umat Islam di Indonesia menjadi semakin terlihat kemilaunya. 

Karya karya berkualitas dan tentunya bermanfaat serta di dukung dari sumber yang terpercaya menjadi ukuran mutlak bagi Gema Insani untuk mencetak dan menerbitkannya, dengan kata lain, Gema Insani menghadirkan karya yang berkualitas bagi pengembangan wawasan islam.

PR & Sales Order Manager
Gema Insani, Amir Ma'ruf 
Saat Depokini bertandang ke Gema Insani suasana kekeluargaan dan keakraban tampak kental sekali, seakan berada di rumah sendiri. Adalah Amir Ma'ruf selaku PR 
& Sales Order Manager yang menemani Depokini selama berada di "Rumah" Gema Insani. 

Pria berperawakan sedang ini, mengatakan bahwa Gema Insani hadir bukan sekedar profit oriented, ada amanah yang diemban oleh Gema Insani, yakni merawat tumbuh suburnya wawasan dan peningkatan kualitas umat Islam Indonesia, oleh karenanya karya yang diterbitkan oleh Gema Insani dari sumber yang terpercaya dan berkualitas sehingganya ada value positif yang diperoleh pembaca, katanya sungguh sungguh. 

Dirinya juga mengatakan "sudah ribuan buku telah dihadirkan oleh Gema Insani, buku buku tersebut dari berbagai segmentasi, mulai dari anak, umum, wanita dan keluarga, maraji dan al-Qur'an,  bahkan secara khusus Gema Insani juga menerbitkan kumpulan karya Hamka," imbuh Amir Ma'ruf pada Depokini. 

Buku di toko buku Gema Insani
PR & Sales Order Manager Gema Insani ini menambahkan, Guna mewujudkan amanah pengembangan wawasan dan peningkatan kualitas akhlak islami, Gema Insani membuat sebuah program unik yang bermanfaat, yakni, Kunjungan Edukasi Seputar dunia Penerbitan dan Percetakan buku, siapa saja dapat mengikuti program tersebut, dari mulai anak Taman Kanak - Kanak, SD, Sekolah Menengah dan Atas, bahkan bagi kalangan Mahasiswa pun boleh mengikuti program Kunjungan Edukasi ini.

Dalam program ini, peserta diajak untuk menyimak proses pembuatan buku di bagian penerbitan hingga proses akhir di bagian percetakan. Banyak manfaat yang didapat jika mengikuti program tersebut, antara lain : (1) memahami proses pembuatan buku dari naskah mentah hingga selesai di cetak dan siap untuk dibaca, dengan demikian (2) akan  tumbuh kesadaran untuk menghargai buku dan memanfaatkan buku sebagai ladang ilmu pengetahuan, juga (3) akan menumbuhkan motivasi dan minat untuk menjadi penulia buku, ataupun profesi lainnya yang berkaitan dengan buku, seperti Layouter, Designer, dan Ilustrator buku. Imbuhnya memaparkan. 

Dari pantauan Depokini, buku buku yang tersedia di toko buku Gema Insani dari sisi tema juga amat variatif, di antaranya, tema akidah, syari'ah, ada juga tema Syakhsiyah (Kepribadian), Mar'ah (kewanitaan), dakwah, lalu tema Harakah (Pergerakan), Politik, Ekonomi, dan Manajemen, pun juga ada  Kamus dan lainnya. Memang sangat variatif dan komplit. Semua produk tersebut diterbitkan dalam beberapa kelompok penerbit, yaitu Gema Insani, Al-Huda, Sinergi, Inovasi, Perspektif, Al-Qalam dan Prestasi.

Ada kata bijak, "Buku adalah Jendela Dunia"  yang bermakna buku adalah "pintu" ilmu pengetahuan, oleh karenanya untuk menambah khasanah pengetahuan dengan membaca buku, dan buku yang berkualitas ada di Gema Insani. 
Ingat buku, ingat Gema Insani. 
(masGatot)