Rabu, 08 Agustus 2018

Akhir pekan, Ganjil-genap bakal diterapkan di Margonda

Ilustrasi kemacetan di jalan Margonda, Depok.
Depok, (Depokini) - Sebagai langkah untuk mengatasi kemacetan lalu-lintas di sepanjang Jalan Margonda, Dinas Perhubungan Kota Depok berencana akan menerapkan ganjil genap pada setiap akhir pekan.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok Dadang Wihana mengatakan rencana rekayasa lalu lintas tersebut akan dilakukan di beberapa titik kemacetan salah satunya Jalan Margonda. 

"Beberapa kebijakan, telah kita kaji sesuai arahan dari Wali Kota Depok. Jadi ada wacana ganjil genap terutama waktu hari libur Sabtu dan Minggu," katanya, Senin (6/8).

Kepala Dinas Perhubungan
 Kota Depok, Dadang Wihana
Diakui nya,  pada akhir pekan kondisi Jalan Margonda kerap padat dan macet. Pasalnya banyak warga dari dan luar Depok,  yang menuju pusat perbelanjaan di berada di jalan protokol Depok. Beberapa lokasi titik kemacetan seperti depan Margo City dan ITC di Jalan Margonda dan di Carrefour Jalan Dewi Sartika serta di Jalan Kartini dan sepanjang Jalan Juanda.

Pihaknya akan mengkaji lebih jauh mengenai rekayasa arus lalu lintas ganjil genap tersebut. 

"Kita berikan tahapan-tahapan kebijakan. Kita lakukan uji publik sampai dengan uji coba nantinya," tukasnya.

Terpisah, Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna menegaskan bahwa sistem ganjil-genap masih dalam tahapan wacana dan perlu dikaji secara mendalam. 

Sebelum diterapkan pihaknya akan mengkaji secara detil dan melakukan evaluasi kajian lebih mendalam terkait berbagai dampak sosial yang timbul jika ganjil genap di berlakukan. 

"Pengajian ganjil- genap ini dikoordinasikan dengan pihak Pemerintah Pusat dalam hal ini Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ). Pastinya, kami akan kaji dulu sehingga kebijakan tidak asal-asalan," katanya pada awak media. 
(MasGatot)