Kamis, 19 Juli 2018

Fitriawan : koperasi soko guru ekonomi kerakyatan, hayo perkokoh koperasi

M. Fitriawan, ST, MM - Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Depok
Balaikota, (Depokini) - Peringatan Hari Koperasi Nasional ke 71 Tingkat Kota Depok, dilaksanakan dengan menggelar acara Pekan Koperasi selama tiga hari, dimulai pada hari ini, kamis (19/7/2018) dan akan berakhir pada sabtu, (21/7/2018).
Pembukaan acara Pekan Koperasi dilakukan oleh Wali Kota Depok,  KH. DR. M. Idris, MA kamis pagi (19/7/2018) di halaman lapangan upacara Balaikota Depok. 

Walikota Depok, dalam sambutannya menyatakan kebanggaannya dan berterima kasih atas terselenggaranya acara peringatan Hari Koperasi Nasional ke 71 tingkat Kota Depok, yang terangkum dalam gelaran Pekan Koperasi ini. 
"secara pribadi dan atas nama pemerintah Kota Depok, saya ucapkan terima kasih dan rasa bangga atas pelaksanaan peringatan Hari Koperasi Nasional tingkat Kota Depok, acaranya sangat menarik dan inspiratif.  

Dirinya juga memaparkan tentang reformasi koperasi secara total, ada tiga komponen untuk
M. Fitriawan, ST, MM kepala Dinas
Koperasi dan UMKM mendampingi
 Wali Kota saat memukul bedug
 tanda dibukanya pekan koperasi
mereformasi koperasi, yakni Rehabilitasi, Reorientasi dan yang ketiga adalah pengembangan koperasi, papar Idris dalam sambutannya. 

Sementara, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, M. Fitriawan, ST, MM saat di wawancarai Depokini seusai acara pembukaan mengatakan, bahwa peringatan Hari Koperasi ke 71 ini adalah momentum untuk kembali memperkokoh koperasi, yang merupakan soko guru ekomomi kerakyatan. 

"gerakan koperasi harus kembali digelorakan di tengah masyarakat, jalannya antara lain adalah dengan meningkatkan peran koperasi ditengah masyarakat dengan harapan minat masyarakat menjadi tumbuh, koperasi itu soko guru ekonomi kerakyatan, " kata Fitriawan. 

Lalu lanjut Fitriawan, Tekad untuk memperkokoh koperasi di tengah masyarakat bukan sekedar pada lips services belaka, dinas yang dipimpinnya sudah sejak lama mengadakan pembinaan dan pelatihan pelatihan kepada koperasi yang ada di Kota Depok, berbagai pelatihan dilakukan untuk menjadikan koperasi kokoh dan dapat meningkatkan kesejahteraan bagi anggotannya, imbuhnya bersemangat. 

"dinas Koperasi dan UMKM terus melakukan pelatihan demi peningkatan kualitas pengelolaan koperasi, pelatihan yang dilakukan semisal menejerial perkoperasian untuk pengurus dan pengawas koperasi pun juga pembinaan untuk anggota koperasi," katanya. 


Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Depok,
saat memberikan arahan pada staffnya
Saat ini di Kota Depok, kata Fitriawan, berdasarkan data, ada sekitar 396 koperasi dengan jumlah anggotanya sebanyak 60 ribuan, dan dari 396 badan koperasi tersebut yang sudah RAT (Rapat Anggota Tahunan) baru sepertiganya. 

Dirinya juga menyampaikan, bahwa dinasnya akan memberikan teguran ataupun peringatan kepada koperasi yang belum melaksanakan RAT untuk segera melaksanakannya, jika ada kendala atau masalah segera berkoordinasi dengan Dinas Koperasi dan UMKM, imbuhnya 

Dipenghujung wawancara, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Depok ini mengajak kepada segenap masyarakat untuk kembali kepada koperasi,

"bergerak bersama koperasi untuk memperkokoh ekonomi kerakyatan menuju Depok, yang Unggul, Nyaman dan Relegius, pungkas Kepala Dinas yang ramah ini. 

Selamat Hari Koperasi Nasional ke 71 

(Mas Gatot)