Kamis, 08 November 2018

SAYUR KUTANG ternyata banyak khasiatnya

Sayur Kutang atau Kulit Tangkil/kulit Melinjo
Depok, (Depokini) -Ternyata ini alasan ilmiah kenapa orang Banten suka makan sayur _"kutang"_ (kulit tangkil atau kulit melinjo). Luar biasa.., mungkin pada zamannya, para ilmuwan Kesultanan Banten sudah merisetnya tentang manfaat mengkonsumsi sayur kutang, di bawah ini, redaksi utarakan manfaatnya, antara lain : 
Sebagai OBAT ASAM URAT yang sangat ampuh. 

Di era seperti sekarang ini, banyak dari kita yang terkena dan  merasakan sakitnya ASAM URAT, apalagi diusia 40 tahun ke atas, namun banyak juga di usia 30 an sudah terkena penyakit asam urat, penyebabnya karena pola makan dan gaya hidup.

Sebenarnya apa yang disebut asam urat...?

Asam Urat adalah rasa sakit yang timbul akibat penumpukan zat PURIN di tubuh, yang tidak terbuang keluar karena terhentinya pertumbuhan manusia di usia 25 tahunan.

Purin itu sendiri adalah zat yang dikandung oleh makanan, yang berfungsi untuk mensyntesa _Deoxyribose-Nucleic Acid_ (DNA) yang sangat bermanfaat untuk membangun tubuh dalam masa pertumbuhan, karena tidak terbuang, zat PURIN menumpuk dipersendian, sehingga menimbulkan rasa nyeri/ sakit bahkan jika telah meradang (Gout) dapat merubah struktur tulang sendi.

Banyak kita lihat penderita Asam Urat Kronis ada yang jari, tangan atau kakinya bengkok (deformitas). Lebih bahaya lagi apabila Asam Urat menumpuk di Ginjal sehingga membentuk Batu Ginjal.

Seorang dikatakan mengalami Asam Urat apabila kadar PURIN ditubuhnya melewati ambang batas.

Untuk wanita dewasa antara 3,5 - 5,7,  sedangkan pria dewasa antara 3,5 - 7. Kalau 8,4 kecenderungan sudah mengalami Batu Ginjal.

Di masyarakat sudah beredar luas penggunaan obat _Allopurinol_ atau obat kimia lainnya untuk menghambat _Xantin Oksidase-Enzim pensintesis_ Asam Urat, namun efeknya tidak permanen sehingga penggunaan secara jangka panjang dikhawatirkan menganggu fungsi Ginjal & tubuh secara keseluruhan.

Ternyata ada obat alami yang mudah didapat dan murah harganya sehingga dapat dimanfaatkan sebagai Pencegah & Pengobatan gejala Asam Urat, yaitu KULIT MELINJO.

Bukankah buah Melinjo ( _Gnetum-Gnemon_ ) adalah sumber Asam Urat.?! Begitu Pasti yang ada dipikiran kita.

Ternyata penelitian yang dipimpin Prof. Dr. H. Subandi MSi, dari jurusan Kimia Univ. Negeri Malang menyebutkan sebaliknya.

Riset empiris membuktikan bahwa "_Ekstrak Ethanol_ kulit Melinjo Muda rebus 100 ppm dapat menghambat dan menghancurkan kinerja _Xantin Oksidase-enzim pensintesis_ asam urat,  sama seperti cara kerja _Allopurinol_ namun memiliki daya hambat 54,55 %, diatas _Allopurinol_ 10 ppm dengan daya hambat 27,28%, namun tidak memiliki efek membahayakan pada Ginjal." kata Prof. Subandi.

Lalu lanjutnya, Hal ini telah dibuktikan, melalui tes langsung, imbuhnya.

Terpisah, seorang penderita asam urat yang enggan disebutkan identitasnya, yang mengalami rasa nyeri hebat akibat asam urat nya, mengatakan bahwa selama 2 Minggu mengkonsumsi Olahan kulit Melinjo (ditumis atau disayur) rasa sakit di sendi hilang & setelah di cek, kadar PURIN turun sampai 5,5, dan seterusnya STABIL. untuk _Maintenance_ dianjurkan agar  biasa menyantap Olahan kulit Melinjo sebulan sekali

Ternyata dibalik makanan berkadar PURIN tinggi (Melinjo), terdapat Zat Anti Asam Urat yang Luar Biasa.

Asam urat, sembuh dengan mengkonsumsi sayur kutang, mau coba...?
(MasGatot)

Diambil dari berbagai sumber