Sabtu, 20 Oktober 2018

Untuk Jadikan Siswanya Berilmu dan Berahklak, Mts. Muhammadiyah 1 Kukusan gelar Qur'an Camp

Ketua Panitia, Neneng Nurlatifah (kedua dari kanan) bersama tim panitia /pembimbing Quran Camp
Kukusan, (Depokini) - Seakan tak pernah sepi dari kegiatan demi pembekalan kepada anak didiknya, kali ini Mts Muhammadiyah 1 Kukusan, Depok gelar acara Qur'an Camp, yang dilaksanakan di lingkungan sekolah selama sehari semalam, yang di mulai pada jumat sore dan berakhir pada sabtu siang, Kegiatan Qur'an Camp ini dibuka pada Jumat sore (19/10/2018).

Suasana saat pembukaan
Quran Camp
Para peserta Qur'an Camp berjumlah 82 orang, mereka adalah siswa/i unggulan kelas tahfis yang terdiri dari siswa/i kelas 7, 8 dan 9. Kegiatan Qur'an Camp ini baru pertama kali dilaksanakan, kata Neneng Nurlatifah, selaku Ketua Panitia Pelaksana Qur'an Camp.

Lalu lanjut Neneng lagi, "tujuan dari kegiatan Qur'an Camp ini adalah sebagai sarana untuk menanamkan cinta Qur'an, melalui kegiatan membaca dan menghafal Qur'an, jadi anak anak selama sehari semalam melaksanakan kegiatan membaca dan menghafal Al'Quran, dengan harapan kedepan akan lahir generasi muda yang berilmu dan berahklak islami," imbuhnya.

Neneng juga mengatakan bahwa untuk penanganan konsumsi panitia pelaksana melibatkan orangtua murid pada setiap kelas.

Para peserta Quran Camp
Dtengah sholat berjamaah
"orangtua murid dalam setiap koordinator kelas juga dilibatkan dalam hal penanganan masalah konsumsi selama kegiatan berlangsung" kata Neneng.

Dalam pelaksanaan Qur'an Camp ini setiap kelompok dibimbing oleh satu pembimbing, dan para peserta diwajibkan membaca ayat ayat suci sesuai target capaian yang telah ditentukan oleh panitia pelaksana. Para peserta membacanya tanpa melihat atau membuka kitab suci Al'Quran.

Adapun target pada setiap kelas berbeda, semisal kelas 7 dan kelas 8 targetnya lima surat, juz 30, sementara untuk kelas 9 targetnya 2 surat Juz 29

Sementara dilokasi Quran Camp, adalah Moamar Khadafi siswa kelas 9.5 Mts. Muhammaiyah 1 yang menjadi salah satu peserta Quran Camp mengatakan pada Depokini, bahwa dirinya sangat antusias mengikuti gelaran kegiatan Quran Camp ini.
"saya senang ikuti Quran Camp ini dan bangga sama sekolah saya, karena dengan adanya kegiatan ini, menambah semangat buat saya dan teman teman agar giat menghafal Quran, mudah-mudahan tahun depan ada lagi buat adik adik kelas," ungkap Khadafi.
(MasGatot)