Selasa, 10 Juli 2018

Asosiasi Pengusaha Sahabat Anak Indonesia Kota Depok dibentuk

Pengurus APSAI Kota Depok tengah photo bersama
Balaikota, (Depokini)- Sosialisasi dan Pembentukan Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI) tingkat Kota Depok tahun 2018, sedianya Akan  diresmikan oleh Wali kota Depok, namun karena ada kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan, maka sosialisasi dan peresmian APSAI diwakili oleh Asisten Daerah bidang Hukum Dan Sosial, Drs. Sri Utomo, MSi yang dilaksanakan di ruang Edelweiss, Lt 5 gedung Balaikota Depok pada, selasa (10/7/2018). 

Pakta Integritas APSAI
Sri Utomo, yang dalam kesempatan acara tersebut membacakan sambutan tertulis Wali Kota Depok, mengatakan bahwa dasar dari Sosialisasi dan Peresmian APSAI adalah Perda Kota Depok Nomor 15 tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Kota Layak Anak, Wali Kota dalam sambutan tertulisnya juga sangat mengapresiasi kegiatan pembentukan APSAI Kota Depok ini.

Sri Utomo juga menyampaikan permohonan maaf Wali Kota tidak bisa menghadiri acara ini. 

Dalam pelaksanaan Penyelenggaraan Kota Layak Anak, digawangi oleh empat pilar, yakni  Pemerintah, Kalangan usaha, Masyarakat Dan Media. Kata Asda bidang Hukum Dan Sosial ini. 

Sri Utomo juga sempat menyampaikan bahwa salah satu indikator menjadi Kota Layak Anak adalah terbentuknya APSAI, seperti yang Kita bentuk saat ini, jika Ada pengusaha atau pelaku usaha di Depok yang tidak mau perduli terhadap program pemerintah Kota Depok, akan menjadi catatan tersendiri. 

"Berusaha di Kota Depok, tapi ga perduli dengan program yang tengah dilaksanakan oleh Pemkot Depok, seperti Kota Layak Anak, Memang tidak ada paksaan, tetapi bagi pengusaha atau pelaku usaha yang ga mau peduli, ya..Ada catatannya," Kata Asda yang ramah ini. 

Suasana saat pembentukan
 APSAI Kota Depok
Sebelumnya, Kepala Dinas Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat Dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok, Eka Bachtiar mengatakan dalam laporannya selaku Ketua Penyelenggara, mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi dan Pembentukan APSAI ini adalah sebagai pengejahwantahan dari Perda Kota Depok No. 15/2013 tentang Penyelenggaraan Kota Layak Anak. 

Eka juga menyampaikan bahwa DPAPMK mengundang 50 pelaku usaha yang ada di Kota Depok, tetapi sampai acara berlangsung hanya sekitar 12 perusahaan yang dapat menghadiri undangan tersebut, antara lain, Bank Jabar, BRI, BNI, Gema Insani Press, ITC, Yanmar, D'Mal, Hotel Bumi Wiyata, Hotel Santika Dan Margocity, D'Kandang. 

APSAI di Kota Depok adalah yang pertama di bentuk di wilayah Propinsi Jawa Barat, yang pelantikan APSAI Kota Depok diagendakan bakal dilantik oleh Wali Kota Depok, yang waktu ditentukan kemudian, Kata Kadinas DPAPMK Kota Depok. 

Dalam pembentukan APSAI Kota Depok terpilih sebagai Ketua, Sugeng Riyanto (D'Kandang), Sekretaris, Amir Ma'ruf (Gema Insani Press) dan Bendahara adalah Jaka Nugraha (BJB). Kepengurusan APSAI Kota Depok terdiri Dari 5 bidang, yang para Kepala bidangnya juga dipilih Dari para perwakilan pengusaha yang hadir, seperti perwakilan BNI yang menempati posisi kepala bidang 1. 

Seusai terpilih, perwakilan Pengusaha yang hadir menanda tangani pakta integritas Pengusaha Sahabat Anak. 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Bappeda Kota Depok, para perwakilan pengusaha, perwakilan Dinas indag, Dinas UMKM, pengurus Forum Anak Kota Depok dan undangan lainnya. 
(Mas Gatot)