Minggu, 15 Juli 2018

29 PATI TNI di mutasi, Letjen Andika Perkasa jadi Pangkostrad


Jakarta, (Depokini)- Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, memutasi 29 Perwira Tinggi (PATI) TNI, termasuk di antaranya adalah Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Darat (Kodiklatad) Letjen TNI Andika Perkasa. Menantu AM Hendropriyono ini dipromosikan menjadi Panglima Komando Strategis TNI Angkatan Darat (Pangkostrad).

Letjen Andika Perkasa menggantikan Letjen Agus Kriswanto yang akan memasuki masa pensiun. 

"Iya benar ada pemutasian jabatan Pati, termasuk Letjen TNI Andika Perkasa," kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah ketika dikonfirmasi, Jumat (14/7) malam.

Promosi jabatan itu berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/673/VII/2018 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI yang ditandatangani Kepala Setum TNI Brigjen Ferry Zein tertanggal 13 Juli 2018, Marsekal Hadi Tjahjanto memutasi 29 perwira tinggi (pati).

"Skep-nya 'kan sudah keluar. Kalau soal pelantikan dinamis, waktunya nanti melihat dari pimpinan," kata Sabrar.

Selain Andika, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen AP Putranto juga mendapat promosi dengan menggantikan posisi yang akan ditinggalkan Andika, yaitu Komandan Kodiklatad. Otomatis Putranto akan menyandang bintang tiga di pundaknya.

Putranto yang merupakan alumnus Akmil 1987 bakal menyamai torehan bintang seangkatannya yang lebih dahulu disandang Andika dan Letjen Muhammad Herindra yang kini menjabat Irjen TNI.

Selain itu, Dankodiklat TNI Mayjen Agung Risdhianto juga dimutasi menjadi Staf Khusus KSAD. Agung yang merupakan alumnus Akmil 1985 merupakan mantan sekretaris pribadi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen Agus Surya Bakti yang merupakan suami dari Bella Saphira juga dimutasi menjadi Asintel Panglima TNI. Sementara Mayjen TNI Bebny Indra Pujihastono akan menjabat Dankodiklat TNI.
(MasGat)