Senin, 04 Juni 2018

UMKM Tapos bersemangat ngisi stand bazaar Ramadhan 1439 H/2018

UMKM Kecamatan Tapos, tampak ibu Rika pojok kanan. 
Balaikota, (Depokini) - Geleran bazaar Ramadhan yang di inisiasi oleh pelaku UMKM se Kota Depok, berdasarkan pantauan Depokini di lokasi bazaar para pelaku UMKM tampak bersemangat untuk mengikuti gelaran bazaar ramadhan yang digagas oleh DKUM dan Dekrenasda Kota Depok. 

Meski menempati stand berukuran 3 x 2 UMKM Tapos tetap bersemangat menggelar produk panganan olahan, baik kering maupun basah, baik panganan tradisional seperti lupis atau pun panganan modern seperti brownies.

Bunda Elly
Adalah ibu Rika yang di daulat menjadi juru bicara UMKM Tapos, mengatakan pada Depokini bahwa, pelaku UMKM di Tapos jumlahnya ada 75 orang. 
"UMKM di Tapos ada 75 orang, dan ini real, semua punya produk, bukan recirle atau menjualkan produk orang lain. Pelaku UMKM di Tapos real semua bukan jualin produk orang lain," kata Rika menyakinkan. 

Dia menambahkan, saat ini hanya 4 orang yang hadir, karena ukuran standnya kecil, berbeda pada waktu Hari Ulang Tahun Depok, 27 April yang lalu, UMKM Tapos keluar semua tuh, produknya, dan memang rame pengunjungnya, ga seperti saat ini, tambahnya. 

"mungkin nanti sekitar jam 3 atau jam 4 saat pegawai pada mau pulang...atau karena belum gajian kalli, jadi agak sepi," kata Rika. 

Rika juga sempat mengeluhkan sulitnya memperoleh sertifikasi PIRT - padahal jika PIRT sudah didapat pengembangan usaha UMKM ini sangat menjanjikan, sebagai informasi,  untuk mendapatkan PIRT harus memenuhi 14 kreteria dan yang mutlak harus dapat sertifikasi PKM dari Dinas Kesehatan, sertifikasi PKM ini menyangkut higaines baik tempat, alat alat masak dan tentunya juga produk panganannya harus terlabelisasi halal dan juga kadarluarsa nya. 

Bunda Elly berpose bersama,
tampak Kadis Koperasi dan
 UMKM nomor 2 dari kiri
"pak, kalau sudah dapat sertifikasi PIRT, bagi UMKM itu sama saja membuka pintu sukses karena produk yang di hasilkan oleh UMKM yang sudah dapat PIRT bisa masuk dan bersaing dengan produk lain di mini market," papar Rika pada Depokini di lokasi bazaar.

Rika dan kawan kawannya yang satu stand UMKM Tapos, mengatakan sangat berterima kasih sekali pada bapak Walikota Depok, artikel kepada Bunda Elly dan juga kepada Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Kesehatan dan berbagai pihak yang telah membantu, membimbing pelaku UMKM untuk dapat kesempatan meraih sukses. 

"kami dari UMKM Tapos berterima kasih sekali kepada bapak walikota Depok, Bunda Elly, juga kepada Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Kepala Dinas Kesehatan dan pihak lainnya yang telah membantu, membimbing, mengarahkan UMKM untuk menjadi pelaku usaha yang profesional dan terbuka peluang untuk meraih sukses,"  kata Rika. 

"kalau bisa mah..bazaar kaya gini di gelar di setiap kecamatan nih jadi se kota Depok tau ada bazaar UMKM, " usulnya