Selasa, 26 Juni 2018

H- 1, jelang Pilgub Jabar, logistik Pilgub Jabar 2018 mulai di Distribusikan

Logistik pilgub Jabar 2018 di PPS Beji
Depok, (Depokini)- sehari jelang hari Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat, seluruh Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kota Depok tampak sibuk mendistribusikan logistik pilgub Jabar 2018, ada dua kelompok logistik, ada yang di dalam kotak suara, seperti Surat Suara dan ada yang di luar kotak suara, seperti kotak suara, tanda pengenal Panitia Pemilihan, karton bilik suara, dan ATK. 

Anggaran biaya per TPS
yang dikenai PPh 10% (istw) 
Dalam pendistribusian logistik Pilgub Jabar, tampak aparat baik Kepolisian maupun TNI ikut membantu dan mengawasi dan mengawal penghantaran logistik sampai ke tingkat RW untuk kemudian di distribusikan ke TPS,  sebagaimana yang terlihat dalam pantauan Depokini di PPS Kelurahan Beji, bahkan, Kapolsek Beji, Kompol Yenny Anggreni Sihombing tampak langsung memimpin anggotanya untuk membantu kelancaran pendistribusian logistik pilgub Jabar 2018. 

Sementara ditempat yang sama, Depokini meminta konfirmasi terkait adanya potongan pajak untuk anggaran tenda dan uang makan petugas KPPS, Ketua PPS Kelurahan Beji, Denis Iskandar, mengatakan bahwa semula memang ada PPh sebesar 10 % untuk biaya tenda dan uang makan, itupun karena adanya instruksi dari KPU Kota Depok, tetapi kemudian instruksi tersebut di anulir, kata Denis.

Lalu lanjutnya lagi, "untuk biaya tenda kena PPh sebesar 2% dari Rp.750 ribu, jadi untuk biaya tenda kena PPh sebesar 15 ribu rupiah dan untuk uang makan sebesar Rp.315 ribu tanpa potongan," imbuhnya.

"Jadi yang kena potongan pajak adalah biaya tenda, yakni sebesar 2% atau sebesar Rp. 15 ribu rupiah, maka setiap TPS bakal terima anggaran untuk tenda sebesar Rp. 735 ribu rupiah, sementara untuk uang makan terima full sebesar Rp. 315 ribu rupiah, jadi total per TPS terima anggaran sebesar Rp. 1. 050. 000,-" tandas Ketua PPS Beji ini. 

Ketua PPS Beji tengah membuka segel
dan gembok kotak suara TPS 04/Beji
 yang rusak, untuk di perbaiki
Saat di PPS Kelurahan Beji, Depokini juga sempat menyaksikan adanya kotak suara untuk TPS 04/Kel. Beji yang alas bawah kotak suara rusak, untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan, ketua PPS Kelurahan Beji yang di saksikan oleh petugas Polsek Beji, Koramil Beji dan pengawas serta saksi lainnya memperbaiki kotak suara untuk TPS 04/Kel. Beji tersebut, proses perbaikan kotak suara tersebut terpaksa harus membuka segel dan gembok kotak suara. 
(Bung Gatot)