Minggu, 27 Mei 2018

1000 anak ikut pesantren, yang di inisiasi oleh DKM UI

UI, Depok, (depoKini) - Dalam rangka mengisi kegiatan yang positif selama bulan suci Ramadhan, DKM UI gelar kegiatan Pesantren buat anak anak, yang di selenggarakan di Masjid Universitas Indonesia (UI) Depok. Adapun kegiatan pesantren anak anak ini di laksanakan selama dua hari, sejak sabtu, 26/5/2018 hingga hari ini Minggu, 27/5/2018.

Askar, salah seorang unsur Panitia Pelaksana yang ditemui DepoKini di lokasi kegiatan mengatakan bahwa kegiatan pesantren kilat untuk anak anak ini merupakan agenda pengurus Masjid UI dalam rangka mengisi bulan suci Ramadhan 1439 H.- yang terangkum dalam kegiatan Pesona Syiar Ramadhan atau Pesiar. 

Lalu lanjutnya, "pesantren kilat untuk anak anak ini adalah kali kedua dilaksanakan, pesertanya kali ini 1000 anak dari berbagi wilayah, dan dibagi dalam tiga kelas yakni, kelas A, B dan C yang dibagi berdasarkan usia peserta pesantren, kelas A usia 5 - 6 tahun, kelas B : 6 - 10 tahun dan kelas C usia 10 - 15 tahun," imbuh Askar. 

"kalau tahun lalu pesertanya hanya 500 orang, alhamdulillah, kali ini bertambah jadi 1000 orang, Depok mudah mudahan tahun depan lebih banyak lagi dan tentunya dengan kegiatan yang lebih variatif, berbobot dan tentunya bernilai relegius" kata Askar sungguh sungguh. 

Peserta pesantren kilat anak anak di masjid UI
Peserta pesantren di pungut biaya sekitar 40 ribuan rupiah di sesuaikan dengan usia. 

Dalam kegiatan pesantren kilat anak anak ini berbagai materi di berikan, antara lain dengan menanamkan rasa peduli dan berbagi pada sesama manusia, juga tak ketinggalan materi kebersamaan dan tanggung jawab melalui kegiatan prakarya, intinya kegiatan pesantren kilat anak anak ini bertujuan menanamkan dan menumbuhkan nilai nilai islami sejak usia dini pada anak anak, agar kelak terbentuk generasi muda islam yang berilmu dan berakhlak, papar askar pada DepoKini. 

Penanaman nilai kebersamaan
Dilokasi yang sama, adalah Chandra (43 th) orangtua dari salah seorang peserta pesantren kilat mengatakan bahwa dirinya sangat mengapresi kegiatan yang di inisiasi oleh DKM UI ini, dan harus dipertahankan dan ditingkatkan. 
Chandra juga menambahkan, "kegiatan seperti ini sangat positif, ini bukti bahwa Islam adalah rahmatan lil alamin, Islam adalah agama yang sejuk yang mengedepankan unsur kemuliaan, kebersamaan dan kepedulian, " tambahnya bersemangat. 

Lebih lanjut, Chandra berharap agar kedepan kegiatan pesantren ini bisa lebih variatif, semisal dengan menghadirkan tokoh atau publik figur muslim yang dikenal oleh anak anak, semisal H. Andre Taulani atau ustad yang sering tamp di layar kaca, ujar Chandra memberi masukan. 
(GDP)