Minggu, 15 April 2018

Membedakan Cewek Papua yang Gadis atau tidak dari pakaiannya

Wanita Papua yang sudah berkeluarga dengan pakaian adat Yokal
Depok, (depoKini) - Pria di Papua acapkali menggunakan Koteka sebagai pakaian adatnya, dan Koteka menjadi pakaian adat khusus pria Papua, tetap, tidak dengan kaum wanitanya.

Di masyarakat papua untuk pakaian adat wanuta terdapat perbedaan antara yang gadis dan wanita yang sudah berkeluarga. Perbedaannya terletak pada cara penggunaan pakaian adat. Jadi antara gadis dan wanita papua yang sudah berkeluarga memiliki pakaian khas tersendiri.

Wanita Papua memiliki dua jenis pakaian adat dengan nama yang berbeda, ini pakaian adat untuk wanita Papua,

Yokal
Pakaian adat ini diperuntukkan khusus buat kaum perempuan Papua yang telah berkeluarga, pakaiannya dikenal dengan nama Yokal.

Wanita Papua yang belum berkeluarga
 atau Gadis, menggunakan pakaian adat Sali
Sali
Untuk para perempuan Papua yang masih lajang atau berstatus gadis, maka mereka akan mengenakan pakaian adat Papua yang dikenal dengan nama Sali.

Namun Yokal dan Sali sebenarnya berfungsi sebagai penutup badan atau pakaian adat bagi perempuan di pegunungan Papua. Yokal dan Sali adalah nama pakaian adat bagi perempuan di Jayawijaya.

Kiri: pakaian adat Yokal (berkeluarga)
 kanan : pakaian adat Sali (Gadis)
Meskipun Yokal dan Sali itu adalah penutup badan atau pakaian bagi perempuan di pegunungan. Namun sebutan kedua nama ini tidak sembarang ditujukan kepada semua perempuan di pegunungan. Jadi ketika menyebutkan nama Yokal dan Sali ini ada perbedaanya.

Jadi ketika masyarakat di Jayawijaya menyebutkan nama Yokal dan Sali itu berarti ditujukan kepada perempuan yang telah berkeluarga dan yang belum berkeluarga, seperti yang telah dijelaskan diatas, dan itu sesama masyarakat Jayajiwaya sudah saling mengetahui.

Warna dan Bentuk pada pakaian khas Yokal dan Sali

Warna
Jenis Warna yang terdapat pada pakaian adat Yokal, warna menyolok berupa cokelat tanah dan kemerahan, sedangkan warna Sali hanya terdiri dari satu warna saja yakni warna cokelat khas dibuat dari kulit pohon.

Bentuk
Berbentuk melingkar memanjang dan digulung tertata rapi secara horizontal dan telah melalui masa dianyam sedemikian rupa sehingga menghasilkan kain – kain yang bertekstur halus.

Untuk lebih jelas bentuk dan warna perhatikan pada gambar kedua yang terterah diatas antara gambar A dan B. Gambar pada A adalah contoh warna dan bentuk pada Yokal demikian juga pada gambar B adalah bentuk dan warna pada Sali. (GDP)