Sabtu, 28 April 2018

Dodol Belimbing Kuliner Khas Kota Depok, yang terlupakan

Dodol Belimbing dalam kemasan oleh oleh khas Depok (foto istw)
Depok, (depoKini) - Saat Nur Mahmudi Ismail (NMI) menjadi Walikota, nama Depok disandingkan dengan Ikon kota, yakni Belimbing. Dan sejak era NMI Depok dikenal sebagai Kota Belimbing. 

Belimbing Dewa, demikian nama buah yang sempat menjadi Ikon Kota Depok tersebut, yang di ikonkan sejak 2007. Rupanya Belimbing selain dapat di nikmati langsung, juga dapat diolah menjadi dodol.

Dodol Belimbing yang legit
kuliner khas Depok, hasil olahan
buah belimbing (foto istw)
Dodol Belimbing Depok, demikan nama kuliner hasil olahan berbahan dasar utama buah belimbing. 

Dodol Belimbing Depok, rasanya manis dengan tekstur yang empuk.

Belimbing Dewa memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Seperti kandungan vitamin A dan C yang cukup tinggi sehingga berkhasiat atasi sariawan, kolesterol hingga darah tinggi. 

Untuk memanfaatkan melimpahnya belimbing di tempat petani belimbing di Kota Depok, masyarakat pun banyak yang memanfaatkan belimbing untuk dibuat menjadi dodol.  Proses pembuatannya hampir sama dengan dodol Betawi pada umumnya. Dengan bahan baku berupa belimbing, tepung beras, santan dan gula pasir. 

Santan dimasak hingga mendidih lalu dicampur gula pasir. Setelah itu masukkan adonan tepung beras dan juga belimbing yang sudah diblender hingga halus. Kemudian aduk hingga kalis. Proses pengadukan dodol belimbing memakan waktu lebih kurang 4 jam. 

Dodol belimbing rasanya legit dengan sensasi sedikit asam yang berasal dari belimbing. Dodol ini bisa ditemui dibeberapa tempat yang menjajakan oleh-oleh yang berada di kawasan Margonda hingga Cinere, Depok. Berani coba? (GDP)