Selasa, 10 April 2018

BIN buka pendaftaran Sekolah Mata-mata Negara, Minat?

Gambar ilustrasi mata mata (istw)
Jakarta, (depoKini) - Badan Intelijen Negara (BIN) membuka pendaftaran untuk lulusan SMA sederajat menjadi taruna/taruni di Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN). Seleksi ini berdasarkan Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi Nomor B/224/M.SM.01.00/2018 tentang Persetujuan Prinsip Tambahan Kebutuhan CPNS dari siswa/siswi STIN Tahun Anggaran 2018.

Berdasarkan keterangan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Minggu (8/4/2018) persyaratan umum pendaftarannya ialah peserta warga negara Indonesia, usia pada 1 Juli 2018 serendah-rendahnya 15 tahun dan tidak lebih 20 tahun, memiliki ijazah SMA sederajat bukan lulusan paket A,B, dan C.

Photo : Badan Intelejen Negara (dok.istw)
Selanjutnya, pelamar belum pernah menikah dan bersedia tidak menikah selama pendidikan sampai dengan diangkat menjadi PNS. Pelamar wanita belum pernah melahirkan, sedangkan pelamar laki-laki belum pernah memiliki anak. Pelamar tidak pernah mengalami patah tulang.

Untuk persyaratan administrasi, pelamar memiliki surat izin orang tua/wali, fotocopy hasil psikotes pada saat SMA/MA/SMK, fotocopy ijazah SMA/MA/SMK untuk lulusan tahun 2016 dan 2017 dengan nilai rata-rata 70 dan fotocopy raport lulusan SMA/MA/SMK tahun 2018 semester genap mulai kelas X sampai XI dan raport kelas XII semester I dengan rata-rata 70. Pelamar memiliki keterangan berbadan sehat, tidak buta warna dari Puskesmas/RUSD, surat keterangan bebas Narkoba, SKCK dari kepolisian setempat.

Selain itu ada persyaratan khusus jalur undangan yakni IQ di atas 120 dengan nilai rapor rata-rata 80, atau juara olimpiade minimal tingkat provinsi dengan IQ di atas 110 dan nilai rata-rata di atas 75, atau memiliki prestasi bela diri dan bahasa dengan IQ di atas 110 dan nilai rata-rata di atas 75.

Lebih lanjut, calon pelamar wajib melakukan pendaftaran secara online melalui portal https://sscndikdin.bkn.go.id mulai tanggal 9 April-30 April 2018 untuk mendapatkan username dan password yang akan dikirim melalui email tiap-tiap pelamar. Kemudian mencetak tanda bukti pendaftaran.

Setelah mencetak tanda bukti pendaftaran pelamar wajib melakukan registrasi ulang ke https://stin.ac.id/login. Pelamar menggunakan username dan password yang sudah diberikan oleh https://sscndikdin.bkn.go.id yang dikirim melalui email tiap-tiap peserta untuk registrasi ulang di portal https://stin.ac.id/login. Setelah login, melengkapi data riwayat hidup dan memilih lokasi ujian. (GDP)