Senin, 02 April 2018

AHY Berziarah ke Petilasan Raden Wjiaya, Pendiri Kerajaan Mojopahit

AHY saat kampanye budaya bersama Calon Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak, di Jombang, minggu (1/4/2018)
Mojokerto, (depokini) - Komandan Tugas Bersama (Kogasma) DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melanjutkan safari politiknya di Jawa Timur. Setelah Ahad kemarin menghadiri kampanye calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak di Jombang, AHY bakal mengunjungi Kabupaten Mojokerto, pada hari ini, Senin, 2 April 2018.

"AHY akan berziarah ke sejumlah tempat di Trowulan, Mojokerto," kata Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Jawa Timur Renville Antonio saat dihubungi Depokini, Senin, 2 April 2018.

Menurutnya, AHY akan didampingi keluarga besarnya mulai dari Presiden RI keenam yang juga Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono, dan Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPP Partai Demokrat Eddie Baskoro Yudhoyono.

Museum Purbakala, Trowulan, Mojokerto,
 salah satu lokasi yang dikunjungi oleh AHY
dan keluarga besarnya hari ini, senin (2/4/2018)
Sesuai jadwal, AHY beserta keluarga besarnya, pertama kali akan mengunjungi Museum Majapahit. Museum ini menyimpan berbagai jenis benda purbakala, khususnya peninggalan masa kerajaan Majapahit abad ke-12 hingga 15 masehi.

Setelah dari museum, AHY dan keluarga akan berziarah ke sejumlah petilasan raja-raja Majapahit yang ada di Kecamatan Trowulan. Salah satunya petilasan Siti Inggil atau Lemah Geneng di Desa Bejijong. Di sini terdapat petilasan raja pertama Majapahit, Raden Wijaya, dan istrinya, Gayatri. Selain berziarah, AHY juga akan melihat dan berdialog dengan warga desa yang lingkungannya didesain menjadi Kampung Majapahit.

Petilasan Raden Wijaya, Pendiri Kerajaan Mojopahit,
di desa Bejijong, Trowulan Mojokerto lokasi yang akan di ziarahi
 oleh AHY dan keluarga besarnya, hari ini senin (2/4/2018)
Kepala Seksi Perlindungan, Pemanfaatan, dan Pengembangan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur di Trowulan, Edhi Widodo, membenarkan bahwa AHY dan keluarganya termasuk SBY akan mengunjungi Museum Majapahit. "Dijadwalkan sekitar jam 10 pagi mengunjungi Museum Majapahit," katanya.

AHY baru pertama kali ini mengunjungi Trowulan. Sedangkan SBY bersama Ani sudah pernah mengunjungi Museum Majapahit di akhir jabatannya menjadi presiden pada tahun 2014 lalu.

Berdasarkan cerita yang beredar di masyarakat yang tinggal di sekitar Situ Inggil, bahwa banyak para pejabat yang datang berziarah ke pesarean R. Wijaya,  pendiri Kerajaan Mojopahit ini. (GDP)