Selasa, 20 Maret 2018

Ujian Nasional sebentar lagi bakal di gelar, berikut ini jadwalnya

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabag Litbang) Kemendikbud, Totok Suprayitno menjelaskan kepada awak media terkait pelaksanaan UN 2018
Jakarta, (depoKini) - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memastikan Ujian Nasional (UN) 2018 akan digelar pada April 2018 mendatang. Sebanyak 8,1 juta siswa dan 96 ribu satuan pendidikan akan mengikuti ujian tersebut.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud, Totok Suprayitno menjelaskan, jumlah peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini mengalami peningkatan signifikan dibandingkan tahun lalu.

" Sebanyak 78 persen peserta didik siap mengikuti UN berbasis komputer (UNBK)," ujar Totok, di laman resmi Kemendikbud.

Dari total siswa didik itu, tercatat sebanyak 6.293.552 peserta didik yang akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Di tahun sebelumnya, peserta UNBK hanya mencapai 3,7 juta siswa.

Kepala Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Bambang Suryadi menambahkan UNBK telah terbukti efektif meningkatkan indek integritas dalam pelaksanaan UN. Tantangan berikutnya adalah meningkatkan prestasi dan capaian dalam UN.

Beberapa pokok perbedaan pelaksanaan Ujian Nasional tahun ini akan terletak pada soal isian singkat yang terdapat pada mata pelajaran matematika jenjang SMA atau sederajat.

Selain itu, tahun ini, Sertifikat Hasil Ujian Nasional (SHUN) menggunakan digital signature, dan biaya untuk pengawas ujian di satuan pendidikan, menggunakan anggaran yang dibebankan pada dana bantuan operasional sekolah (BOS).

Berikut adalah jadwal lengkap Ujian Nasional untuk semua jenjang sekolah:

A. Jenjang pendidikan menengah atas

UN dijadwalkan digelar awal April. Pada Jenjang Sekolah Menengah Kejuruan UN akan digelar pada 2 hingga 5 April 2018. Sementara jenjang SMA atau Madrasah, UN akan digelar pada 9 April hingga 12 April 2018.

Bagi, peserta didik yang tidak dapat mengikuti UN pada tanggal yang ditentukan dapat mengikuti UN susulan pada 17 dan 18 April 2018.

B. Jenjang pendidikan SMP dan MTs

UN akan digelar pada 23 hingga 26 April 2018. Sedangkan UN susulan diselenggarakan 8 dan 9 Mei 2018.

C. Pendidikan kesetaraan program Paket C, dilaksanakan pada 27 dan 28 April 2018, atau 29 dan 30 April 2018, serta 2 Mei 2018.

D. Untuk program Paket B, UN akan dilaksanakan pada 4 hingga 7 Mei 2018. Ujian Nasional susulan untuk program Paket B dan Paket C akan digelar bersamaan pada 11 sampai 14 Mei 2018.

"saya berpesan kiranya siswa/i yang akan mengikuti UN untuk mempersiapkan diri, belajar lebih giat, jaga kesehatan, dan perbanyak membaca berbagai literatur terkait mata pelajaran yang  diujikan, semoga sukses dan mencapai hasil yang membanggakan," pungkas Totok berpesan. (GDP)