Senin, 19 Maret 2018

Sekjen PKB : Poros Ketiga kecil kemungkinan terbentuk

Sekretaris Jenderal PKB, Abdul Kadir Karding
JAKARTA, (depoKini) - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menilai peluang poros ketiga di Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2019 mendatang bisa dibentuk sangat kecil.

Hal itu dikatakan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PKB Abdul Kadir Karding. Menurutnya, sebab syarat ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold) sebesar 20 persen kursi DPR.

"Bahwa poros ketiga itu sangat kecil kemungkinan," kata Sekretaris Jenderal PKB Abdul Kadir Karding di Hotel Sari Pan Pasific, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (18/3/2018).

Menurutnya, poros ketiga dimaksud adalah di luar pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan pendukung Prabowo Subianto. Karding memprediksi pilpres mendatang diikuti dua pasangan calon, Jokowi dan Prabowo.

"Yang paling mungkin lima partai ke Pak Jokowi. Dua partai ke Prabowo," ucapnya.

Di luar lima partai yang dimaksudnya mendukung Jokowi dan dua partai bakal mendukung Prabowo itu masih ada tiga partai lain, yakni Partai Demokrat, PKB, dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Kata Karding, Partai Demokrat sudah memberikan sinyal bakal mendukung Jokowi. "PKB juga begitu. Untuk poros baru sangat kecil," pungkas Sekjen PKB ini. (GDP)