Senin, 12 Februari 2018

tips agar rumah tak dimasuki ular

Ular sembunyi di dekat tabung gas 12  kg
Jakarta, (depoKini) - Ular adalah hewan liar yang habitatnya paling dekat dengan hidup manusia. Jadi tidak aneh kalau ular juga sering muncul di tengah-tengah masyarakat. Bahkan tak jarang ular itu main ke kamar mandi,  kamar tidur atau ular sembunyi di plafon rumah warga. Penyebab yang paling kuat kenapa ular bisa masuk rumah adalah karena adanya mangsa yang mereka buru.

Seekor ular
tengah berusaha masuk kedalam rumah
"Ular kan makannya tikus. Kalau tempatnya banyak sampah jadi banyak tikus. Sedangkan tikus adalah makanan utama ular. Ular akan ada kalau di situ ada mangsanya," kata Erwandi 'Elang' Supriadi, Ketua Divisi Sioux Snake Rescue (SSR).

Sebelumnya yang harus di pahami adalah, makanan utama ular ialah tikus, katak dan ayam. 

Dibawah ini adalah tips untuk mencegah agar ular tidak masuk kedalam rumah :

1. Periksa seisi rumah, apakah ada celah tikus bersarang,  karena jika ada maka ular akan masuk jika mangsanya ada, usir tikus dari rumah. 

2. Tutup semua akses masuk ular

Jika ada pohon sebaiknya dahan dan rantingnya tidak sampai menyentuh rumah. Usahakan jarak minimal satu meter. Tutup saluran air dengan saringan agar ular atau tikus tidak muat masuk melalui celah saluran air.

3. Jangan menyimpan barang-barang bekas

Tikus akan bersarang di dalam barang-barang bekas yang di simpan sembarangan. Tentu saja ini akan mengundang ular untuk datang mengendus mangsanya, yaitu tikus.

4. Sampah makanan juga akan mengundang tikus

Jadi sebaiknya sampah makanan dibungkus rapat. Jangan biarkan tercecer. Ingat point pertama, kan?

5. Ular takut dengan bau menyengat seperti parfum.

Ular memiliki penciuman yang tajam dan tidak tahan dengan bau menyengat. Jadi ada baiknya rumah Anda selalu wangi.

6. Ular juga takut dengan hewan yang memiliki cakar.

Jadi ada baiknya Anda memelihara kucing.

7. Jaga jarak rumah dari lahan kebun dan perairan seperti sawa dan rawa dan rumah kosong yang lama tak dihuni. 

Ular biasanya suka dengan habitat yang banyak pohon seperti kebun dan daerah lembab seperti rawa dan sawah dan rumah kosong tak berpenghuni,  Jaga jarak atau berikan tembok penghalang rumah dengan lokasi yang memungkinkan banyak ular.

Ada pendapat bahwa ular takut garam, faktanya ular takut garam hanya mitos. Sisik ular bisa tahan oleh garam. Jadi mengusir ular dengan menyebar garam akan sia-sia. (GDP)