Selasa, 06 Februari 2018

Sungai Ciliwung meluap, Jembatan Panus ditutup sementara


Sejumlah aparat keamanan dan warga terlihat saat jembatan Panus ditutup sementara pada senin (5/2/2018)
Depok, (depoKini) - Jembatan Panus di Pancoran Mas, Depok sempat ditutup pada Senin kemarin, (5/2/2018), penutupan dilakukan ketika air Sungai Ciliwung meluap dan bahkan air sungai Ciliwung sempat mendekati bibir jembatan.

Menurut Camat Pancoran Mas Depok Utang Wardaya, penutupan ini dilakukan demi keamanan karena banyak warga yang menonton derasnya arus air melalui jembatan tersebut.

"Tadi itu ditutup warga karena sudah terlalu banyak yang berhenti untuk menonton arus air yang deras di bagian bawah. Kalau soal kondisi kontruksi kita tidak tahu, itu tadi pencegahan saja," ucap Utang pada Depokini.

Utang menyampaikan, penutupan dilakukan sekitar pukul 15.00 WIB. Jembatan Panus merupakan jembatan bersejarah dan ini (red:jembatan Panus) adalah akses yang menghubungkan jalan Siliwangi dengan Perumahan Vila Novo. Ujar Camat Pancoran Mas.

Sementara disebelah jembatan Panus yang bersejarah itu juga ada jembatan yang usianya lebih muda dari jembatan Panus yang sudah berusia ratusan tahun.

Kondisi aliran sungai ciliwung di Pos Pemantau Jembatan Panus, Kota Depok, Jawa Barat, Senin (05/02/2018). Curah hujan yang besar membuat Bendungan Katulampa Siaga 1 pada (05/02/2018) sehingga warga bantaran ciliwung diminta tidak melakukan aktivitas di sungai tersebut. Terpantau pada pukul 15.00 terlihat ketinggian air di Kota Depok mencapai 400cm.


Utang juga mengatakan, warga yang berinisiatif menutup jembatan ini dengan dibantu personel kepolisian yang berjaga di sekitar lokasi. "Sekarang jembatannya sudah dibuka, tidak ada masalah," ucap Utang.
Hari ini, debit air di Bendung Katulampa Bogor berada di posisi siaga 1. Kondisi ini mengakibatkan beberapa daerah yang dilalui aliran sungai waspada banjir.


Di beberapa wilayah di DKI Jakarta seperti Cipinang Melayu digenangi air sejak pagi hari. (GDP)