Sabtu, 24 Februari 2018

Rosiana Silalahi bakal pandu debat Publik perdana Pilgub Jabar 2018

Gambar ilustrasi pilgub Jabar 2018
Bandung, (depoKini) - Setiap rombongan pasangan calon bakal dapat jatah 400 kursi dalam debat publik kontestan pilgub Jabar 2018. Selain itu masih ada sekitar 300 kursi lagi yang disediakan untuk para undangan pada debat publik paslon pilgub Jabar 2018, yang menurut rencana bakal digelar pada senin, 12 maret 2018 mendatang.

Panitia debat publik peserta Pilgub Jabar 2018 juga menyediakan panggung kesenian bagi 15 orang dari setiap pasangan calon untuk memeriahkan debat publik yang akan diselenggarakan di Gedung Sabuga Jalan Tamansari, Kota Bandung tersebut.

Demikian setidaknya yang diungkapkan Sekretaris KPU Jawa Barat Heri Suherman, Jumat, 23 Februari 2018 kemarin.

Hal lain yang ungkapkan adalah KPU Jawa Barat telah menggandeng Kompas TV untuk menayangkan debat publik perdana paslon pilgub Jawa Barat 2018 tersebut secara langsung.

Dirinya juga mengatakan "terkait teknis perencanaan debat kandidat akan dibahas kembali dalam forum rapat teknis. Rapat  lanjutan antara lain membahas tata tertib paslon dan tim pendukung, serta pengaturan penempatan tim pendukung," imbuhnya.

KPU Jawa Barat juga sudah merencanakan untuk debat kedua dan ketiga akan dilaksanakan di Karawang dan Cirebon.

Terpisah, perwakilan Kompas TV, Oman Sukmana mengatakan, acara ini sejalan dengan semangat Pilgub Jabar 2018 sebagai sarana edukasi demokrasi dan wahana wisata politik. Debat publik akan ditayangkan pukul 19.30 hingga 21.30 pada Senin, 12 Maret 2018 dipandu oleh Rosiana Silalahi. Sebagai pengisi acara akan hadir Mario Ginanjar dan Saung Angklung Mang Ujo.

Ia menuturkan, sesuai hasil rapat dengan KPU Jawa Barat bahwa debat kandidat Pilgub Jabar 2018 terdiri atas 6 sesi, yakni pemaparan visi misi, penyampaian pertanyaan oleh moderator, tanya jawab pasangan calon dalam dua sesi, pertunjukan kesenian tim sukses pasangan calon, dan tanya jawab yang diakhiri pernyataan penutup oleh pasangan calon. (GDP)