Kamis, 18 Januari 2018

Saat terlilit hutang, seraya berusaha jangan lupa baca doa ini

Jakarta, (depoKini) - Saat menghadapi masalah keuangan, jalan mudahnya adalah berhutang, sesaat masalah keuangan sepertinya hilang, ternyata.., masalah baru muncul, yakni HUTANG, lalu yang terjadi bingung, resah dan gelisah melanda pikiran Anda. Makan tak enak, tidur pun tak nyenyak. Siang hari terasa sebagai aib, malam hari terasa sebagai siksaan, khawatir ditagih hutang, belum lagi kalau kalau yang datang debt colector atau penagih hutang, yang memang sering kali jasa para penagih hutang digunakan untuk menagih hutang. 

Sempat terpikir untuk kabur saja, atau sembunyi,  namun itu pun bukan solusi bijak. 

Jika Anda tengah mengalaminya, ingatlah pada Allah SWT Yang Maha Kaya dan Maha Pengasih tentu akan memberikan pertolonganNYA,  maka mintalah pertolonganNYA,  melalui do’a saat terlilit hutang.

Al kisah,  Abu Said Al Khudri mengisahkan: “Suatu hari Rasulullah SAW masuk masjid, disana beliau menemukan ada seorang sahabat bernama Abu Umamah yang sedang duduk. Beliau bertanya: “Wahai Abu Umamah, kenapa aku melihat engkau sedang duduk di luar waktu salat?” Ia menjawab: “Aku bingung memikirkan hutangku, wahai Rasulullah.” Beliau berkata: “Maukah aku ajarkan kepadamu sebuah do’a yang apabila engkau membacanya, maka Allah ta’ala akan menghilangkan kebingunganmu dan melunasi hutangmu?” ‘Tentu wahai Rasulullah’ Beliau bersabda: “jika kau berada di waktu pagi maupun sore bacalah do’a ini:
*"Allohumma inni a’udzubika minal hammi wal hazani, wa a’udzubika minal ‘ajzi wal kasali, wa a’udzubika minal jubni wal bukhli, wa a’udzubika min ghalabatiddaini wa qahrirrijali”*

(Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas, Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang dan kesewenang-wenangan manusia)

Apakah cukup dengan berdoa saja, tentu tidak,  langkah bijaknya adalah berusaha dengan kuat dan istiqomah lalu bantu keyakinan usaha tersebut dengan doa. Allah SWT akan memberikan pertolonganNYA dengan jalan yang tidak terduga. (GDP) | Ilustrasi : Istw