Jumat, 19 Januari 2018

Menteri PAN-RB tetapkan 137 atlet peraih medali jadi PNS

MenPAN-RB,  Menpora dan para atlet yang diangkat PNS
Jakarta, (depoKini) - Sebanyak 137 atlet akhirnya diangkat langsung menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan formasi khusus, pada Rabu, 17 Januari 2018 yang lalu,  Hal ini sesuai janji pemerintah yang akan memberikan tambahan bonus selain berupa uang.

Bonus tambahan itu berlaku untuk para peraih medali Olimpiade-Paralimpiade 2016, peraih emas dan perak Asian Games-Asian Paragames 2014, peraih medali emas SEA Games-ASEAN Paragames 2015-2017, serta peraih kejuaraan individu level dunia.

Formasi khusus tersebut adalah pengangkatan PNS bukan melalui proses pengangkatan biasa. Tetapi hanya melewati test kompetensi bidang (TKB). Namun, dalam prosesnya nanti sebagai PNS, sang atlet tetap harus menjalani sesuai prosedur yang berlaku seperti pra-jabatan dan sebagainya, hingga penempatan setelah pra-jabatan. Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Asman Abnur, dalam acara serah terima tersebut di Kemenpora.

"Untuk langkah penempatannya dimana, saya serahkan sepenuhnya kepada Kemenpora untuk bisa menempatkan para atletnya yang sudah tidak menjadi atlet lagi  di seluruh kementerian/lembaga/dinas pemuda dan olah raga yang membutuhkan," kata MenPAN-RB.

Dalam daftar atlet penerima secara simbolis kemarin, tercatat nama peraih emas Olimpiade Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir, kemudian Eko Yuli Irawan dan Sri Wahyuni Agustiani peraih perak Olimpiade.

Lalu untuk level Asian Games ada peraih emas seperti Mohamad Ahsan, Hendra Setiawan, dan Greysia Polii.
Kemudian dari level SEA Games ada Eki Febri Ekawati (emas tolak peluru SEA Games 2017), Rifda Irfana Luthfi (emas senam SEA Games 2017), I Gede Siman Sudartawa (emas renang di SEA Games 2017), Christopher Rungkat (emas tenis SEA Games 2017), serta Lindswel Kwok (emas wushu di SEA Games 2015 dan 2017).

Sementara untuk kejuaraan individu level dunia, pengangkatan ini diberikan kepada Anthoni Sinisuka Ginting (emas Badminton Asia Team Championship 2016), serta Kevin Sanjaya dan Marcus Fernaldi Gideon (emas All England 2017).

Serta dari ASEAN Para Games 2017 ada Ni Nengah Widiasih sebagai peraih emas angkat berat yang mewakili. (GDP) | Foto : Pikiran Rakyat