Minggu, 26 November 2017

Dahsyatnya letusan Gunung Agung

Bali (depoKini) - Gunung Agung di Bali kembali meletus pada Minggu pagi, 26 November 2017. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan erupsi terjadi dua kali pada Minggu pagi.

Erupsi pertama terjadi 05:05 WITA. Sekitar 40 menit kemudian terjadi erupsi kedua dengan ketinggian semburan mencapai 3.000 meter dari puncak kawah.

Masyarakat diminta meninggalkan desa-desa di radius enam hingga 7,5 kilometer (km) dari gunung sesuai rekomendasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). Ribuan masker juga telah dibagikan kepada segenap warga masyarakat dan turis manca negara yang kebetulan ada di radius berdampak. 

Seperti apa dahsyatnya letusan Gunung Agung kali ini? Menurut Kepala Bidang Mitigasi Gunungapi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Gede Suantika
Gunung Agung tidak juga berhenti bererupsi tanpa lava hingga siang ini.

Gede Suantika memperkirakan erupsi berupa asap dan abu ini bisa berlangsung selama 1 bulan.

"Kalau mengacu pada pengalaman tahun 1963 itu, kondisi seperti ini bisa selama satu bulan," kata Suantika yang berada di Pos Pe ngamatan Gunung Agung Rendang, Karangasem, Bali kepada Depokini melalui jaringan telepon. (GDP)