Jumat, 13 Oktober 2017

Warung Gunung, sajikan kuliner khas Wonosalam

Nasi Jagung dan Kolak Duren khas Wonosalam
Wonosalam (depoKini) - Wonosalam yang berada di kaki gunung Anjasmoro, selain memiliki potensi wisata religi juga memiliki potensi wisata kuliner. 
Nasi jagung dan kolak durian adalah kuliner andalan wonosalam yang berpotensi menjadi wisata kuliner.

Adalah Warung Gunung yang mempelopori untuk memperkenalkan nasi jagung dan kolak durian.
Lokasi warung Gunung yang berada di akses jalan utama Wonosalam membuat warung Gunung tak pernah sepi pengunjung. 

Darmo, owner Warung Gunung
Sarno, selaku owner warung Gunung mengatakan, bahwa dirinya membuka usaha nasi jagung dan kolak durian selain sebagai usaha juga sebagai bentuk kepeduliannya pada pelestarian kuliner khas wonosalam.
"saya bukan sekedar usaha semata saja tetapi lebih dari itu, saya punya niat agar panganan khas wonosalam tidak tergerus dan tergantikan oleh panganan cepat saji yang mulai menjamur.., nasi jagung dan kolak durian adalah panganan warisan leluhur, jadi harus di lestarikan" papar Sarno bersemangat.

Disini selalu rame di kunjungi, apalagi di hari sabtu dan minggu, lahan parkir  selalu penuh oleh kendaraan pengunjung, baik motor maupun mobil, katanya menambahkan. 

Pemred depoKini,
sedang dijamu makan
di Warung Gunung
Sarno juga dikenal sebagai pelopor pembudi-daya durian BIDO, durian khas Wonosalam, sehingga dirinya dikenal baik dikalangan warga masyarakat juga dikalangan pemerintahan setempat. 

Pria yang bersahaja ini bercita cita menjadikan wonosalam sebagai ikon Kabupaten Jombang, selain pesantren Tebu Ireng yang memang sudah terkenal.
Dirinya juga berharap kiranya pemerintah dan mungkin pihak investor untuk mau membina dan peduli untuk melestarikan panganan khas daerah, seperti panganan khas Wonosalam ini, Nasi Jagung dan Kolak Durian..., yang memang ma' nyus... (GDP)