Kamis, 12 Oktober 2017

Potensi Wisata Kaki Gunung Anjasmoro yang belum terkuak

Suharjo - Owner wisata religi Lembah Giri
Dalam peta geografi Kecamatan Wonosalam, masuk dalam wilayah Kabupaten Jombang, Jawa Timur dan tepat berada di kaki Gunung Anjasmoro.
Seperti pada umumnya daerah yang berada di bawah kaki gunung terkenal dengan potensi wisatanya, begitu pula dengan Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang ini, salah satunya adalah lokasi wisata religi Lembah Giri. 

Lembah Giri ini adalah salah satu lokasi wisata religi yang ada di kaki gunung Anjasmoro, tepatnya di kecamatan Wonosalam. Tempat wisata religi yang ada di Wonosalam ini, sangat berkaitan erat dengan sejarah, utamanya sejarah kerajaan Mojopahit dan kerajaan Pajang ataupun Mataram, dengan kata lain lokasi wisata religi yang bertebaran di Wonosalam adalah peninggalan sejarah bangsa Indonesia, demikian papar Suharjo selaku pemilik lokasi wisata religi Lembah Giri pada Depokini di Lembah Giri, Kamis 12 Oktober 2017.

Infra-Struktur yang tidak layak
 untuk objek wisata
"namun perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang sepertinya tak perduli pada pengembangan potensi wisata yang ada di Wonosalam, indikasi ketidak-pedulian Pemkab Jombang adalah tidak adanya program pembinaan pengembangan potensi wisata dan belum tersentuhnya pembangunan infrastruktur sarana jalan dari dan ke lokasi wisata, baik yang ada di Lembah Giri maupun lokasi lainnya seperti wisata religi Gunung Kuncung, Goa Sigolo-golo, dan banyak lagi" imbuh Suharjo kecewa. 

Menurutnya jika Pemkab Jombang ataupun Pemerintah Propinsi Jawa Timur atau bahkan Pemerintah Pusat mau peduli pada pengembangan infrastruktur jalan dari dan ke lokasi wisata religi yang ada di wonosalam ini, bukan tidak mungkin kedepannya wonosalam akan dapat menjadi ikon Pemkab Jombang dan juga dapat menjadi destinasi wisata bagi turis dalam negeri maupun luar negeri yang pada gilirannya nanti akan menumbuh-kembangan keekonomi kerakyatan dan penyerapan tenaga kerja yang tentunya dapat di jadikan pendongkrak peningkatan PAD Kabupaten Jombang. Kata Suharjo
"saya berharap semoga Pemerintah menjadi tergerak untuk segera membangun infrastruktur sarana jalan dari dan ke lokasi wisata yang ada di wonosalam" ungkapnya penuh harap. (GDP)