Rabu, 13 September 2017

Tanjakan Cinta dan Makam Kramat Cisaat di TMMD ke 100

Tanjakan Cinta dekat lokasi TMMD
PURWAKARTA (depoKini) - TMMD ke 100 yang dilaksanakan oleh KODIM 0619 Purwakarta memang tergolong unik, selain pada upacara pembukaan nantinya akan ada atraksi terjun payung, lokasi bakti TNI pada TMMD kali ini tergolong area sulit dan memang karena alasan itulah TMMD ke 100 kali ini memilih lokasi tersebut, alasan utamanya adalah demi memudahkan masyarakat di sekitar lokasi untuk mengakses dari dan ke desanya masing-masing.

Di lokasi pelaksanaan TMMD, pun ada tanjakan yang di kenal dengan nama Tanjakan Cinta. Selain tanjakan Cinta ternyata tidak jauh dari lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang berada di Desa Wanawali Cibatu, ternyata ada makam keramat yang sering diziarahi oleh masyarakat dan berdo'a di lokasi tersebut.

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Kepala Dusun setempat, lokasi tempat penziarahan itu selalu ramai dikunjungi pada waktu-waktu tertentu.

"Nama makam keramat disebutnya penziarahan Cisaat, konon di makam tersebut  disemayamkan orang sholeh bernama Syeh Andul Mutolib," ujar Rohadi kepala Dusun di Desa Wanawali 

Dengan akan dibangunnya jalan melalui program TMMD maka akses menuju ke lokasi akan lebih mudah lagi, karena selama ini jalan utama untuk menuju ke lokasi makam kramat tersebut memang cukup sulit.

"Dulunya Syeh Abdul Tholib diyakini sebagai orang yang memiliki ilmu tinggi karena keimannya kepada Allah, sehingga banyak warga masyarakat yang menziarahi makam keramatnya. Jalan yang akan dibangun oleh TNI melalui program TMMD merupakan akses utama menuju ke lokasi," terang Rohadi. (GDP)