Rabu, 20 September 2017

Lintas Kiarapedes - Wanawali lancar, petugas Damkar senang

Purwakarta (depoKini) - Musim kemarau yang berkepanjangan dan cukup lama di tahun 2017 saat ini berdampak kekeringan dan tentunya membuat kecemasan tersendiri bagi para petugas pemadam kebakaran, pasalnya saat musim kemarau ditengarai banyak terjadi kebakaran.

Dinas pemadam kebakaran Kabupaten Purwakarta saat ini mempunyai pos tersendiri untuk menangani 3 wilayah yaitu Kecamatan Wanayasa, Kecamatan Kiarapedes dan Kecamatan Pondok Salam tepatnya berkantor di Situ Wanayasa. Ketiga Kecamatan ini merupakan daerah pegunungan dan berbukit bukit dan akses jalan yang masih cukup sulit untuk menuju ke lokasi, ucap Iman, salah seorang petugas DPKPB.

Iman menuturkan, saat kemarau panjang banyak sekali kejadian kebakaran di lahan warga dan kadang ada saja orang membuat bakaran dan tidak ditunggu pemiliknya sehingga bakaran itu menjadi merambat dan meluas kemana mana, hal Itu bisa mengakibatkan kebakaran besar dan bisa saja merambat kerumah warga dan dapat membahayakan keselamatan masyarakat, paparnya.

Daerah Margaluyu, Mekarjaya dan tembus ke Wanawali yang rencananya akan ada pembukaan jalan dari program TMMD 100 merupakan daerah rawan kebakaran lahan karena sebagian besar masih perbukitan dan jarang penduduknya. Jadi apabila ada jalan tembusan dari arah Kiarapedes menuju Wanawali Cibatu akan memudahkan petugas pemadam kebakaran melakukan penanggulangan kelokasi kebakaran didaerah itu.

Adanya rencana dari Kodim 0619 Purwakarta yang akan menggelar kegiatan TMMD Ke 100 dan salah satunya akan membuka akses jalan dari Kiarapedes - Wanawali, Cibatu diharapkan akan membawa perubahan bagi daerah yang dilalui, termasuk memudahkan petugas pemadam kebakaran menunaikan tugasnya di daerah tersebut, manakala terjadi kebakaran.