Rabu, 23 Agustus 2017

Pendidikan Karakter Bangsa Di KRI Dewaruci

Surabaya (IndonesiaMandiri) – KRI Dewaruci memulai misi pelatihannya kepada generasi muda, dengan melakukan pelayaran dari Jakarta ke Surabaya selama dua hari (19-21/8). Para generasi muda ini adalah 20 pelajar yang merupakan siswa dari SMA Jakarta diantaranya, delapan siswa SMA 2 Perguruan Cikini, empat siswa SMA 1 Perguruan Cikini, dua siswa SMAN 100, dan enam siswa STIMAR AMI (Sekolah Tinggi Ilmu Maritim- Akademi Maritim Indonesia). Dalam pelayaran tersebut para siswa didampingi oleh Kolonel Laut (T) Wahyu Handoyo yang kesehariannya menjabat Koordinator Staf Ahli Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat/Pangarmabar selaku Dosen pendamping Taruna Stimar dan Gita Arja Kusuma selaku Koordinator Pelatihan STIMAR AMI.
Berangkat sejak 19 Agustus 2017, para siswa mendapatkan pengalaman yang berbeda dengan lingkungan daratan, karena dalam kegiatan ini melaksanakan pembinaan mental karakter menjadi generasi muda bahari yang cinta terhadap dunia kemaritiman. Biasanya memang, kapal latih tiang tinggi (Tall Ship) ini diperuntukkan bagi seorang prajurit TNI AL khususnya Taruna/Taruni Akademi Angkatan Laut dimana semuanya akan melewati pelatihan di KRI Dewaruci.
Kini, generasi muda yang bukan taruna-taruni pun bisa mengikuti pendidikan pelatihan di atas KRI Dewaruci. Mereka selama mengikuti pelayaran menerima penjelasan tentang profil KRI Dewaruci oleh ABK (anak buah kapal), selain itu disampaikan juga tentang tata tertib di kapal, pengenalan Ilmu Bahari seperti tali menali yang digunakan sebagai alat perlengkapan di kapal, tiup peluit sebagai ciri khas TNI Angkatan Laut dan angkatan laut seluruh dunia yang merupakan penyampaian suatu perintah maupun panggilan yang menggunakan isyarat-isyarat baik di kapal atau darat, dan berbagai pelatihan lainnya.
Semua proses pendidikan dan pelatihan di atas intinya adalah bekerja sebagai tim, berdisiplin serta mengasah rasa tanggungjawab. Pengalaman ini menjadi sangat berharga karena didapat di atas kapal yang sedang berlayar di lautan. Para siswa akan beradaptasi dengan situasi alam bebas. Di sinilah salah satu titik penting pembelajaran, karena akan menempa siswa untuk mengetahui pendidikan karakter bangsa bahari seperti Indonesia sebagai negara yang akan dengan lautan.
Pelatihan di kapal Tall Ship KRI Dewaruci merupakan pengalaman yang sangat berharga bagi para siswa untuk membuka wawasan tentang dunia TNI AL. Karena sering kita mendengar Join The Navy to See The World adalah benar adanya. Hal ini terbukti saat Taruna AAL melaksanakan misi Diplomasi dalam muhibah ke negara-negara sahabat, ataupun sebagai prajurit TNI AL dalam melaksanakan misi Perdamaian Dunia dengan KRI melalui Satuan Tugas Maritime Task Force (MTF) UNIFIL d